Merasa Lesu dan Lemas? Konsumsi Makanan Ini untuk Meningkatkan Semangat dan Cegah Kelelahan

- 14 Mei 2024, 17:27 WIB
Merasa Lesu dan Lemas? Konsumsi Makanan Ini untuk Meningkatkan Semangat dan Cegah Kelelahan
Merasa Lesu dan Lemas? Konsumsi Makanan Ini untuk Meningkatkan Semangat dan Cegah Kelelahan /Pixabay///

Portalnganjuk.com Merasa lesu dan lelah di siang hari? Bisa jadi karena pola makan Anda yang kurang tepat. Kurangnya mengkonsumsi makanan sehat yang penting, dapat membuat tubuh terasa lemas dan tidak berenergi.

Menurut ahli gizi, konsumsi gula berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab kelelahan. Gula memang memberikan energi instan, namun efeknya hanya sebentar dan justru dapat membuat Anda merasa lebih lemas setelahnya.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan sehat yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan energi dan semangat Anda. Berikut beberapa makanan sehat yang direkomendasikan, sekaligus tips konsumsinya:

1.  Biji Labu

Biji labu kaya akan triptofan, asam amino yang membantu tubuh memproduksi serotonin, neurotransmitter yang terkait dengan perasaan bahagia dan rileks. Biji labu juga makanan sehat yang mengandung magnesium yang penting untuk fungsi otot dan saraf.

"Biji labu adalah sumber triptofan, asam amino yang mendukung pengaturan suasana hati dengan membantu produksi serotonin, neurotransmitter yang terkait dengan perasaan bahagia,” jelas Byrne dan Michelle Routhenstein, ahli diet kardiologi preventif di Entirely Nourished.

Tips konsumsi: Taburkan biji labu pada salad, yogurt, oatmeal, atau campurkan dengan buah kering sebagai camilan.

2.  Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel merupakan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan otak dan suasana hati.

Tips konsumsi: American Heart Association menyaraknkan untuk konsumsi ikan berlemak minimal 2 porsi per minggu. Anda bisa mengolahnya dengan dipanggang, direbus, atau ditumis.

3.  Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan vitamin E yang merupakan antioksidan kuat. Alpukat juga merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung triptofan yang membantu meningkatkan semangat.

Halaman:

Editor: Yusuf Rafii


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah