Menghadapi Kehilangan Orang Tercinta, Simak! Proses Berduka dan Cara Mengatasinya

- 16 Mei 2024, 16:23 WIB
Menghadapi Kehilangan Orang Tercinta, Simak! Proses Berduka dan Cara Mengatasinya
Menghadapi Kehilangan Orang Tercinta, Simak! Proses Berduka dan Cara Mengatasinya ///Pixabay/ StockSnap

Portalnganjuk.com Kehilangan orang yang dicintai merupakan pengalaman yang sangat sulit dan menyakitkan. Rasa duka yang mendalam, penyesalan, rasa bersalah, dan rasa tidak percaya adalah hal yang wajar terjadi. Proses berduka setiap orang berbeda-beda, namun umumnya melalui tahapan-tahapan berikut:

1. Proses Penyangkalan: Mekanisme Koping Awal Saat Menghadapi Kehilangan

Proses penyangkalan merupakan tahap awal yang umum terjadi dalam proses berduka setelah kehilangan orang yang dicintai. Pada tahap ini, individu diliputi rasa tidak percaya dan kesulitan menerima kenyataan pahit atas kehilangan tersebut.

Gejala-gejala yang muncul pada tahap penyangkalan:

  • Rasa tidak percaya: Muncul pertanyaan seperti "Apakah ini benar terjadi?", "Ini tidak mungkin terjadi", atau "Pasti ada yang salah".
  • Ketidakmampuan menerima kenyataan: Individu mungkin terlihat seperti "hidup dalam mimpi" dan berusaha menghindari realitas kehilangan.
  • Menarik diri dari kenyataan: Individu mungkin menolak untuk melihat barang-barang milik orang yang telah meninggal, menghindari pembicaraan tentang mereka, dan bahkan menolak untuk menghadiri pemakaman.

Tips Menghadapi Proses Penyangkalan:

  • Berikan ruang untuk perasaan: Jangan tekan diri untuk segera menerima kenyataan. Akui dan terima perasaan yang muncul, termasuk rasa tidak percaya, penolakan, dan kebingungan.
  • Berbicara dengan orang yang tepercaya: Bagikan perasaan dan pengalaman Anda dengan orang-orang yang Anda sayangi dan percayai. Dukungan mereka dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit ini.
  • Bergabung dengan kelompok pendukung: Berbagi cerita dengan orang lain yang mengalami kehilangan serupa dapat memberikan rasa saling pengertian dan penguatan.
  • Mencari bantuan profesional: Jika Anda merasa kesulitan untuk mengatasi proses penyangkalan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari psikolog atau terapis.

2.  Proses Rasionalisasi: Mencari Jawaban atas Kehilangan

Rasionalisasi merupakan salah satu tahap dalam proses berduka yang melibatkan upaya untuk mencari alasan atau memutarbalikkan kejadian kehilangan agar lebih mudah dipahami dan diterima.

Pada tahap ini, individu yang berduka mungkin diliputi pertanyaan-pertanyaan seperti "Kenapa ini terjadi?", "Seandainya aku...", atau "Apakah aku bisa melakukan sesuatu untuk mencegahnya?".

Tips Menghadapi Rasionalisasi:

  • Akui dan terima perasaan Anda: Penting untuk mengakui dan menerima perasaan yang muncul pada tahap rasionalisasi, seperti rasa marah, sedih, atau bingung.
  • Berbicara dengan orang yang Anda percayai: Berbagi perasaan dan pikiran Anda dengan orang yang Anda percayai dapat membantu Anda untuk memprosesnya dengan lebih baik.
  • Carilah bantuan profesional: Jika Anda merasa kesulitan untuk mengatasi rasa duka dan rasionalisasi Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional dari psikolog atau konselor.

3.  Proses Kemarahan dan Kesedihan: Memahami Perasaan Kompleks Saat Kehilangan

Kemarahan dan kesedihan merupakan dua emosi yang seringkali muncul bercampur aduk ketika kita mengalami kehilangan orang yang dicintai. Perasaan ini bisa terasa sangat intens dan membingungkan, membuat kita bertanya-tanya "Mengapa aku?" atau "Ini tidak adil!".

Bagaimana Menghadapi Kemarahan dan Kesedihan?

Mengakui dan menerima perasaan, Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengakui dan menerima perasaan marah dan sedih. Jangan mencoba untuk menekan atau mengabaikan emosi ini.

Menyalurkan kemarahan dengan cara yang sehat. Temukan cara yang sehat untuk menyalurkan kemarahan Anda, seperti berolahraga, menulis jurnal, atau berbicara dengan teman atau terapis.

Berhenti menyalahkan diri sendiri, Penting untuk diingat bahwa Anda tidak bertanggung jawab atas kehilangan tersebut. Menghukum diri sendiri dengan rasa marah hanya akan memperpanjang proses berduka. Proses berduka membutuhkan waktu. Bersabarlah dengan diri sendiri dan jangan terburu-buru untuk "move on".

Berbicaralah dengan orang-orang yang Anda percayai tentang perasaan Anda. Bergabunglah dengan kelompok pendukung untuk orang yang berduka juga bisa membantu.

Halaman:

Editor: Yusuf Rafii


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah