Pernyataan Sikap Forum Pemred PRMN Kawal PPDB Tanpa Kecurangan dan Diskriminasi

- 16 Mei 2024, 21:10 WIB
Pernyataan Sikap Forum Pemred PRMN Kawal PPDB Tanpa Kecurangan dan Diskriminasi / SD NEGERI 010 BAYAS JAYA
Pernyataan Sikap Forum Pemred PRMN Kawal PPDB Tanpa Kecurangan dan Diskriminasi / SD NEGERI 010 BAYAS JAYA /

PortalNganjuk.Com - Setiap tahun, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagaikan sebuah drama yang tak pernah usai. Di balik gegap gempita antusiasme para calon siswa, tersimpan kompleksitas sistem pendidikan Indonesia yang masih diwarnai berbagai tantangan.

Dilema Zonasi dan Keadilan Akses

Sistem zonasi, yang bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan, tak jarang memicu dilema. Banyak orangtua cemas anak mereka tak bisa mengenyam pendidikan di sekolah favorit karena terhalang aturan zonasi. Hal ini menimbulkan ketegangan dan protes di beberapa daerah.

Bayang-bayang kecurangan, manipulasi data, dan intervensi pihak-pihak tertentu demi mengamankan posisi di sekolah tertentu masih menghantui proses PPDB. Transparansi dan akuntabilitas menjadi komoditas langka, memicu keresahan dan ketidakpercayaan masyarakat.

PRMN: Pengawasan Ketat dan Integritas Jurnalisme

Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) tegas mendukung pengawasan ketat terhadap PPDB. Pendidikan adalah hak dasar setiap anak, dan akses yang adil harus dijamin tanpa diskriminasi.

Peran Penting Teknologi dan Masyarakat

Teknologi informasi dan media menjadi kunci dalam pengawasan PPDB. Data yang transparan dan akses yang terbuka bagi publik dapat meminimalisir manipulasi. Masyarakat pun didorong untuk aktif berpartisipasi, melaporkan indikasi kecurangan, dan memberi masukan untuk perbaikan sistem.

Kecaman Keras terhadap Pemerasan oleh Oknum Wartawan

PRMN mengecam keras segala bentuk pemerasan oleh oknum wartawan dalam proses PPDB. Tindakan tercela ini mencoreng nama baik jurnalisme dan merusak integritas pendidikan. Wartawan harus menjadi penjaga kebenaran dan keadilan, bukan bagian dari masalah.

Pengawasan Internal dan Integritas Tenaga Pendidik

Mekanisme pengawasan internal di setiap lembaga pendidikan juga tak kalah penting. Kepala sekolah, guru, dan staf administrasi harus menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme. Tenaga pendidikan harus menjadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan.

Dengan pengawasan dan integritas tinggi dari semua pihak, PPDB diharapkan dapat berjalan sesuai harapan dan prinsip-prinsip keadilan. Pendidikan adalah fondasi untuk masa depan yang lebih baik, dan kita semua punya tanggung jawab menjaganya.

Mari Bahu Membahu

Pemerintah: Tingkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam PPDB, perkuat mekanisme pengawasan, dan berikan sanksi tegas bagi pelanggar.

Halaman:

Editor: Muhafi Ali Fakhri


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah