8 Cara Mengatasi Kenaikan Gula Darah Pasca Lebaran: Panduan Lengkap

- 19 April 2024, 07:30 WIB
8 Cara Mengatasi Kenaikan Gula Darah Pasca Lebaran: Panduan Lengkap
8 Cara Mengatasi Kenaikan Gula Darah Pasca Lebaran: Panduan Lengkap /Artem Podrez/pexels.com

PortalNganjuk.Com - Lebaran seringkali menjadi momen di mana kita cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih manis dan berkalori tinggi dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah masa liburan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan terkait gula darah seperti diabetes.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi kenaikan gula darah pasca-Lebaran. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Kembali ke Pola Makan Sehat

Setelah periode liburan, penting untuk kembali ke pola makan sehat yang seimbang. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, protein rendah lemak, dan karbohidrat kompleks. Hindari makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana yang dapat membuat gula darah melonjak.

  1. Pantau Asupan Karbohidrat

Perhatikan jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi setiap hari. Pilih sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan kacang-kacangan daripada makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti permen, kue, dan minuman manis.

  1. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat makanan dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengurangi penyerapan gula dari makanan. Perbanyak konsumsi serat dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Lakukan aktivitas fisik aerobik seperti berjalan cepat, berlari, atau bersepeda setidaknya 30 menit setiap hari.

  1. Hindari Stress

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah. Temukan cara untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau melakukan hobi yang menyenangkan. Jangan ragu untuk berbicara dengan orang terdekat atau profesional kesehatan jika Anda merasa terlalu stres.

  1. Minum Air Secukupnya

Pastikan Anda cukup minum air setiap hari. Air membantu mengontrol gula darah dengan mengencerkan darah dan membantu ginjal dalam mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.

  1. Rutin Memeriksa Gula Darah

Jangan lupakan pentingnya memeriksa kadar gula darah secara teratur, terutama setelah periode liburan. Dengan memantau kadar gula darah, Anda dapat mengidentifikasi kenaikan yang tidak normal dan segera mengambil tindakan yang diperlukan.

Halaman:

Editor: Muhafi Ali Fakhri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah