IPB: Pemasaran Kewirausahaan Penting untuk Pelaku UMKM Agar Naik Kelas, Tantangan Marketing di Sektor Digital

- 11 Agustus 2023, 15:46 WIB
IPB: Pemasaran Kewirausahaan Penting untuk Pelaku UMKM Agar Naik Kelas, Tantangan Marketing di Sektor Digital
IPB: Pemasaran Kewirausahaan Penting untuk Pelaku UMKM Agar Naik Kelas, Tantangan Marketing di Sektor Digital /Pixabay/muneebfarman/

PORTAL NGANJUK – UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. UMKM menyumbang lebih dari 60% dari PDB Indonesia dan menyerap lebih dari 90% tenaga kerja Indonesia. Namun, UMKM juga menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah persaingan yang semakin ketat dari perusahaan besar.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh UMKM untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat adalah dengan merambah sektor digital. Sektor digital menawarkan berbagai peluang bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan meningkatkan efisiensi.

Namun, banyak UMKM yang masih belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk menggunakan platform digital. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi UMKM untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh sektor digital.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) University Profesor Ma'mun meneliti bahwa UMKM perlu mendapat dorongan pemasaran kewirausahaan atau entrepreneurial marketing sehingga program UMKM naik kelas pemerintah dapat berjalan dengan baik.

Profesor Ma'mun dalam pra orasi ilmiah secara daring, yang dikutip dari AntaraNews, menerangkan bahwa sudah ada pergeseran konsep pemasaran dari tradisional, konvensional yang memerlukan biaya mahal menjadi dengan lebih murah dengan konsep digital.

"Kepada Kementerian Koperasi dan UKM disarankan agar entrepreneurial marketing dapat dijadikan sebagai referensi dalam program pengembangan UKM naik kelas dan pemasaran digital," ungkap Profesor Ma'mun.

Profesor Ma'mun juga menerangkan secara umum, pemasaran adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh UMKM. Konsep pemasaran yang dilakukan usaha besar berbeda dengan UMKM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran kewirausahaan merupakan pendekatan konsep pemasaran yang relatif baru dan lebih sesuai ditinjau dari keterbatasan sumber daya serta permasalahan lain yang ada pada UMKM.

Salah satu komponen penting dari program UMKM naik kelas adalah dorongan pemasaran kewirausahaan atau entrepreneurial marketing. Entrepreneurial marketing adalah proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan untuk menciptakan dan mempertahankan bisnis yang sukses.

Halaman:

Editor: Muhafi Ali Fakhri


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x