BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem dan Gelombang Laut Tinggi di Jawa Tengah pada 10 - 12 Februari 2023

- 9 Februari 2023, 17:22 WIB
BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem dan Gelombang Laut Tinggi di Jawa Tengah pada 10 - 12 Februari 2023
BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem dan Gelombang Laut Tinggi di Jawa Tengah pada 10 - 12 Februari 2023 /Pixabay/KELLEPICS

PORTAL NGANJUK – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem.

Cuaca Ekstrim tersebut berpotensi terjadi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah pada tanggal 10-12 Februari 2023.

"Potensi cuaca ekstrem ini berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ujar Kepala Kelompok Teknisi BMKG Cilacap.

Menurut dia, hal itu terjadi karena adanya potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan dan cuaca signifikan di sebagian wilayah Indonesia khususnya Jateng.

Ia mengatakan berdasarkan prospek cuaca ekstrem yang dirilis BMKG Stamet Ahmad Yani Semarang pada Kamis (9/2) siang.

Kondisi tersebut didukung oleh beberapa faktor di antaranya fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) terpantau aktif dan berada di kuadran 4.

Selain itu, kata dia, munculnya siklon tropis Freddy di Samudra Hindia selatan Jawa Timur serta belokan angin di wilayah Jateng yang didukung dengan kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil.

Baca Juga: UPDATE Gempa Jayapura Hari Ini, BNPB: 4 Warga Meninggal Akibat Tertimba Reruntuhan Bangunan

"Berdasarkan kondisi tersebut, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng pada tanggal 10-12 Februari 2023," tegasnya.

Halaman:

Editor: Muhafi Ali Fakhri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah